No menu items!

Teknik Jitu Tanaman Melon Masih Kecil Tumbuh Sehat dan Berbuah Lebat

-

Tanaman Melon Masih KecilKamu ingin menanam melon? Jika iya, perlu diingat bahwa kunci dari suksesnya menanam melon dimulai dari sejak pengolahan tanah. Setelah tanam, tanaman melon masih kecil perlu perawatan ekstra dan teliti agar pertumbuhannya bisa maksimal. 

Pemupukan dan pengendalian hama serta penyakit harus kamu lakukan sesuai takaran dan tepat waktu. Selain itu, hama dan penyakit perlu ditangani sedini mungkin sebelum tanaman melon kamu parah. 

Nah, setelah tanam, apa saja yang perlu kamu lakukan saat melon masih kecil hingga umur 14 hari? Berikut ini tips perawatan dan pengendalian hama dan penyakit agar kamu sukses panen melon. 

Perawatan dan Pemupukan

Hal paling utama yang harus kamu lakukan pemilihan bibit. Bibit yang sehat pasti menghasilkan tanaman yang sehat. Ciri-cirinya, kamu bisa melihat pada daunnya yang lengkap dan tidak terpotong dan batang yang kuat meskipun keci.

Bibit bisa kamu tanam pada umur 4 – 10 HSS. Pada hari ke-3 HST (Hari Setelah Tanam), ajir dari bilah bambu harus sudah terpasang agar tidak merusak akar tanaman melon.

Namun, disarankan agar kamu menanam sedini mungkin yaitu 4-6 hari agar benih cepat beradaptasi dengan lahan khususnya pada musim kemarau. Namun, jika kamu menanam pada hari ke 7-10 HSS, benih akan cepat layu dan akhirnya mati.

Tanaman melon masih kecil memerlukan pemupukan tepat waktu. Pada umur 5 HST, kamu mesti mengaplikasikan pupuk berupa NPK (16:16:16) dengan takaran 100 kg/ha. Tekniknya bisa kamu kocor ke tiap lubang tanam. Ingat, takaran tidak boleh berlebih karena bisa menyebabkan tanaman terlalu subur. Ini bisa kamu lihat pada daun yang terlalu hijau. 

READ  2 Langkah Jitu, Cara Merawat Tanaman Tomat Sampai Panen Raya

Jika kamu menemukan tanaman melon kamu berdaun hijau tua, berarti melon kamu tidak tumbuh normal. Jika dibiarkan, melon kamu akan berbuah kecil, dan uratnya tidak bisa utuh dan merata. Sehingga, harga jualnya pun rendah. 

Baca juga : Cara Agar Tanaman Padi Tidak Dimakan Tikus

Tanaman melon yang sehat justru memiliki warna daun yang tidak terlalu hijau, batang besar dan daun lebar. Jika tanaman melon masih kecil berdaun hijau tua, kamu harus mengurangi pupuk pada periode pemupukan selanjutnya. 

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pasca tanam, hama yang harus kamu amati adalah bekicot, belalang, ulat tanah dan penggerek tanah. Tanaman melon kamu bisa langsung mati jika dimakan hama ini. Untuk mengendalikannya, kamu bisa mengaplikasikan furadan dengan cara ditabur pada lubang tanam.

Selain itu, kamu juga mesti mengantisipasi kemunculan hama trip dan kutu daun. Aplikasikan pestisida berbahan aktif imiodakloprit, abamectin dan bahan lain yang berbau menyengat.

Pada hari ke-9 setelah tanam, tanaman melon masih kecil yang sehat telah memiliki 4 daun. Daun ke-1 sampai ke-3 berdaun lebar hampir sama besar, sementara daun ke-4 masih kecil. Namun, pada masa ini, penyakit keriting membayangi. 

Nah, yang harus kamu lakukan adalah semprot pestisida. Aplikasikan insektisida dan fungisida (Antracol). Tambahkan perekat agar kerja insektisida bisa optimal. Teknik penyemprotan dengan spray kabut ke tanaman melon yang masih kecil sampai basah.

Pada hari ke-10 HST, kamu bisa mengaplikasikan pupuk daun berupa pupuk makro/mikro dan ZPT. Tanaman melon pada umur ini bisa mengalami defisiensi nutrisi. Hal ini bisa kamu jumpai pada daun yang mengalami kering terbakar pada tepinya, berwarna kekuningan dan tangkai daun keras.

READ  Budidaya Jamur Merang Tanpa Bibit Komersial, Ini Rahasianya!

Perlakuan di atas berlaku hingga umur 30 hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu mesti merawat tanaman melon kamu hingga panen. Setelah 30 hari, tanaman melon masih kecil akan menjadi besar dan merambat. Hama dan penyakit harus dikendalikan.

5/5 - (1 vote)

Share this article

Artikel Terbaru

Kategori

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent comments