No menu items!

9 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

-

Penyebab mesin mobil cepat panas ada banyak sehingga penyebabnya haruslah dicari dengan jeli. Pada kenyataannya banyak mesin mobil yang menjadi lebih cepat panas karena perawatannya tidak dilakukan dengan tepat. Selain itu pemakaian mobil juga cenderung penuh kelalaian sehingga mesinnya jadi lebih cepat panas dan rusak. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja penyebab dari mesin mobil yang cepat panas maka Anda bisa menyimak ulasan berikut. 

Kurangnya oli mesin

Oli mesin pada dasarnya berfungsi sebagai pelumas untuk mesin mobil. Jika oli mesin ini kurang tentu saja mesin mobil jadi lebih cepat panas akrena lamanya pemakaian. Bahkan mesin bisa cepat menguap karena kurang banyaknya oli pada mesin mobil. 

Baca Juga: 3 Syarat Oli Mesin Motor Tahan Panas

Radiator bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah adanya radiator yang bermasalah. Dalam hal ini bisa saja sirkulasi air dalam radiator yang menyebabkan timbulnya masalah. Sirkulasi air dalam radiator yang terhambat bisa menyebabkan radiator tidak dapat bekerja mendinginkan mobil. 

Jenis radiator salah

Mesin yang cepat panas rupanya juga bisa saja disebabkan oleh adanya kesalahan dalam menggunakan jenis radiator. Jika cairan radiator yang digunakan adalah salah bukan tidak mungkin nantinya mesin akan cepat panas. Bahkan cairan radiator yang salah justru bisa menyebabkan masalah lain pada mesin mobil.

Selang radiator bocor

Selang radiator yang bocor juga bisa menjadi penyebab kenapa mesin cepat panas. Kebocoran pada selang ini bisa membuat air radiator jadi cepat habis. Akibatnya air radiator cepat habis dan akhirnya coolant tidak dapat bekerja mendinginkan mesin. 

Kipas radiator tidak berfungsi

Kipas radiator yang mati kemudian tidak berfungsi juga bisa membuat mesin mobil jadi lebih cepat panas. Kipas radiator yang rusak ini bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya karena kipas belt putus atau mungkin bagian karetnya sudah menjadi semakin keras karena adanya karat.

Karet tutup radiator rusak

Radiator yang bermasalah juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada karet tutup radiator. Jika tutup radiator mengalami kerusakan maka air radiator akan keluar. Tentu air radiator akan habis sehingga mesin mobil selalu panas. 

Water pump rusak

Di dalam radiator terdapat water pump yang berfungsi sebagai pompa air sehingga sirkulasi air bisa berjalan dengan baik. Water pump yang rusak juga akan membuat sirkulasi air radiator tidak dapat berjalan dengan lancar. Sudah tentu hal ini menjadi penyebab mesin cepat panas.

Thermostat mati

DI setiap mobil pastinya dilengkapi dengan thermostat yang merupakan alat untuk melakukan pengukuran suhu di dalam mesin mobil. Alat ini berhubungan langsung dengan alat radiator mobil. Jika thermostat ini mati atau rusak maka thermostat tidak lagi dapay mengatur air yang ada di dalam radiator. Akhirnya air tidak lagi bisa mengalir saat suhu mesin di mobil menjadi panas. 

BBM tidak tepat

Penggunaan BBM yang salah juga lama-kelamaan akan membuat mesin mobil menjadi lebih cepat memanas. Untuk itu gunakan BBM dengan oktan tinggi agar mesin selalu terawat. 

Penyebab mesin mobil cepat panas yang tertera di atas setidaknya bisa menjadi kewaspadaan tersendiri bagi Anda. Dengan mengetahui penyebab mesin mobil cepat panas maka diharapkan agar Anda bisa melakukan penanganan secara tepat pada mobil Anda. Sehingga mesin mobil jadi awet dan tahan lama. 

 

Rate this post

Share this article

Artikel Terbaru

Kategori

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent comments