No menu items!

Budidaya Jamur Merang Tanpa Bibit Komersial, Ini Rahasianya!

-

Budidaya Jamur Merang Tanpa BibitMungkinkah melakukan budidaya jamur merang tanpa bibit? Bisa saja, asal kamu bisa membuat bibit jamur merang F0 sendiri. Metode yang paling umum digunakan adalah PDA (Potato Dextrose Agar) dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, namun teknik memakan waktu lama dan ribet. 

Untuk kamu yang ingin membudidayakan jamur merang karena terkendala bibit, kamu bisa mencoba metode lain membuat bibit F0. Metode ini diklaim memangkas waktu 10 hari dan biaya hingga 75%. 

Di artikel ini, kamu akan tahu bagaimana membudidayakan jamur merang tanpa bibit yang dibeli di pasaran.

Membuat Bibit F0 – F3

Berbeda dengan PDA, metode yang ditemukan oleh petani dari Cilamaya Wetan, Karawang, Jawa Barat ini langsung mengkulturkan bibit di dalam botol dengan menggunakan media merang. Ia menggunakan jamur merang yang dipanen dari baglog miliknya. Bibit yang digunakan harus jamur merang sehat dengan diameter kira-kira 5 cm, membelah serta memanfaatkan bagian dalam tubuh jamur.

Budidaya jamur merang tanpa bibit dari pasaran menggunakan peralatan sederhana yaitu botol. Jamur yang dipersiapkan untuk bibit tadi dicacah dan dimasukkan ke dalam botol tersebut.

Botol-botol ini di dalamnya dimasukkan campuran kapas, merang, kapur, dedak, jagung goling dan agar-agar. Agar tidak terkontaminasi oleh bakteri atau jamur lain, media botol pembiakan terlebih dahulu disterilisasi di dalam autoklaf dengan suhu lebih dari 100 0C bertekanan 15 hingga 20 Psi selama 60 menit. 

Baca juga : Tanaman Melon Masih Kecil

Botol ini kemudian kamu simpan di dalam ruangan dengan suhu 300C. Miselium jamur akan terlihat setelah 2 hingga 3 hari. Setelah 15 hari, miselium akan tumbuh dan memenuhi botol. Jika proses ini berhasil, maka kamu sudah memiliki bibit F0 jamur merang.

Namun, bibit F0 ini belum siap untuk disebar sebagai benih. Kamu mesti mengkulturkan F0 sehingga menjadi F3 yang merupakan benih siap sebar. Caranya mudah. Kamu siapkan medianya berupa campuran kapur, dedak, kapas dan merang. Masukkan ke dalam botol yang telah steril. Dalam waktu 15 hari, miselium sudah memenuhi botol.

Tahapan budidaya jamur merang tanpa bibit beli dari pasaran selanjutnya adalah dengan memperbanyak bibit F2 yang telah diperoleh ke dalam baglog dengan media campuran kapur, dedak, gula dan merang. Hanya dengan 1 buah baglog F2, kamu bisa mendapatkan 40 buah baglog F3.

Bisa dikatakan, teknik tersebut masih tergolong konvensional. Tapi uniknya, waktu dan biaya yang diperlukan lebih efisien. Nah, kalau kamu ingin menggunakan kumbung sebagai media jamur merang, kamu bisa langsung menyebar bibit F2 yang kamu peroleh ke kumbung asal cuaca mendukung.

Penyebaran dan Pemeliharaan

Seperti dijelaskan di atas, langkah-langkah budidaya jamur merang tanpa bibit yang biasa kamu jumpai di pasaran perlu media dan suhu yang ideal. Saat kamu sebar, yakinkan kamu melakukannya secara merata ke seluruh permukaan media tanam. Sedangkan, suhu di dalam kumbung idealnya sekitar 32-35 derajat Celcius. 

Baca juga : Cara Agar Tanaman Padi Tidak Dimakan Tikus

Jamur merang tumbuh baik di dalam kelembapan 70-90%, maka pastikan suhu di dalam kumbung tetap di kisaran ideal. Dalam waktu 3-4 hari, kumbung harus ditutup. Dengan begitu, miselium bisa tumbuh payung dan batang. Proses ini dinamakan dengan inkubasi.

Pemeliharaan wajib dilakukan hingga jamur merang kamu siap dipanen pada umur 10-15 hari. Beberapa yang perlu diatur antara lain suhu dan kelembapan udara. Hama dan penyakit juga terkadang muncul sehingga perlu ditangani secara cepat dan tepat. 

Untuk menjaga suhu dan kelembapan tetap ideal, kamu bisa menyemprotkan air menggunakan sprayer ke baglog sehari sekali (pada musim penghujan) atau 2 kali sehari (pada musim kemarau). 

Ketika jamur merang sudah berbentuk bulat dan ukuran yang relatif besar, berarti sudah waktunya kamu memanen jamur merang kamu. Lakukan pada pagi dan sore hari pada saat usia jamur berusia 15-20 hari. 

Nah, sekarang kamu sudah bisa mendapatkan jamur merang tanpa bibit. Budidaya jamur merang tanpa bibit beli di pasaran ternyata tetap menghasilkan dan memperoleh keuntungan lebih tinggi ketimbang membeli bibit.

5/5 - (1 vote)

Share this article

Artikel Terbaru

Kategori

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent comments